Sni berat badan sapi bali

Pemberian mineral garam dan air dilakukan setiap hari, disediakan penuh di kandang adlibitum. Tabel 2. Terima kasih atas bimbingan, nasehat-nasehat, dukungannya kepada penulis. Mathius, dan B. Sapi jantan dewasa bis memiliki berat badan Kg, dengan tinggi badan kurang lebih cm.

Mutu karkas dan daging sapi

Karena adanya keinginan mendapatkan sapi yang lebih besar atau menyerupai simental yang harga jualnya lebih mahal apalagi jika anaknya berjenis kelamin jantan. Oleh karena itu ciri khusus sapi PO Kebumen sejak lahir pada pedet jantan maupun betina sudah keluar ponok gumba seperti pada sapi Ongole.

Stasiun Uji Performan bisa menjaring ternak betina bobot diatas 26 kg dan yang jantan bobot badan diatas 31 kg untuk mempercepat pengembangannya. Kemurnian sapi PO Kebumen masih terjaga oleh kemauan peternak yang tetap mengembangkan sapi lokal setempat.

Download biaya produksi, penerimaan serta pendapatan usaha pemotongan sapi potong di RPH.

Selain itu, pedet sapi PO Kebumen juga mempunyai ciri khusus yang tidak dimiliki oleh pedet lain yaitu sudah memiliki punuk sejak lahir baik pada pedet jantan maupun betina.

Produktivitas sapi Bali di Indonesia masih sangat rendah karena masih jauh dari target yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Pakan ternak memiliki daya cerna yang tinggi, dapat berupa campuran beberapa bahan pakan atau dapat juga merupakan bahan pakan tunggal, antara lain: This study was conducted in MayJune at slaughterhouse in Makassar, that used descriptive analysis method.

In the other hand average meat weight of the slaughtering age years is Kakanda dan teman-teman asisten Lab. Situmorang, P. Pt, Harumi Bunga Kasih, S. Sapi Madras lebih disukai oleh peternak dan harganya sedikit lebih mahal dibanding sapi PO Kebumen yang lain.

Hal ini menunjukkan bahwa pedet jantan yang dihasilkan kualitasnya baik untuk dijadikan calon pejantan pada perbibitan pedesaan dalam upaya perbaikan sapi PO di daerah sumber bibit.

Situmorang, A. Kemurnian sapi PO di beberapa wilayah tidak terjaga akibat perkawinan yang tidak terkontrol dengan beberapa bangsa sapi sub tropis.

TINGKAT PEMOTONGAN DAN BERAT DAGING SAPI BALI

Perkawinan sapi PO dengan sub tropis akan mengalami kendala pada keturunan ketiga atau lebih pada sapi betinanya. Lellah Rahim, M. Syamsuddin Hasan, M. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Sedangkan sapi bali betina memiliki berat badan antara Kg. Upaya untuk meningkatkan produksi daging sapi yang paling penting adalah menyelesaikan titik pangkal dari konsumsi itu sendiri, yaitu tersedianya barang yang akan dikonsumsi.

Ir Syamsuddin Garantjang, M. Saudara-saudari saya Muh. Sedangkan untuk dataran rendah bentuk kandang lebih terbuka. Materi yang digunakan untuk penelitian adalah pedet sapi PO Kebumen sebanyak ekor yang terdiri ekor pedet jantan dan ekor pedet betina.

Usaha pengembangan sapi potong harus didukung oleh sistem pembibitan yang ideal terutama pada tingkat peternak. Kembung perut bloat. Pt, Syahriana Sabil, S. Hijauan pakan ternak dalam bentuk awetan juga bisa diberikan kepada ternak biasanya di olah menjadi hay, silase, amoniasi.

Nur Fajrin, Muh. I 11 Pemberian ransum sapi yang baik adalah 3 kali sehari: Laporan Kegiatan.

Usaha Penggemukan Sapi Bali (Bos Sondaicus)

Penanganan kesehatan hewan Beberapa gangguan kkesehatan yang sering terjadi pada ternak antara lain: Namun dalam perkembangannya produktivitas sapi PO makin menurun akibat perkawinan dengan sapi sub tropis yang tidak terkontrol.

Biasanya karena ternak mengkonsumsi rumput yang basah, terlalu banyak diaberikan hijauan kacang-kacangan dan pakan dari serat kasar yang rendah. Kabupaten Kebumen merupakan salah satu daerah sentra peternakan sapi potong lokal khususnya sapi dari bangsa PO di Jawa Tengah dan ditinjau dari kualitasnya mendekati kualitas aslinya.

Rifai, dan A.Penimbnagan berat badan dilakukan untuk evaluasi pakan yang dibutuhkan setiap hari karena berat badan ternak berbanding lurus dengan tingkat konsumsi pakan yang dibutuhkan, ketika berat badan sapi meningkat melebihi batas ytang ditentukan maka nutrisi dan pakan akan dikurangi, begitu juga sebaliknya.

Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas semen dan menjaga agar tidak terjadi trauma. Halaman Blog tunggal ini menyediakan File Tentang Sapi yang terdiri dari Artikel Peternakan Sapi, Artikel tentang Sapi, Cara beternak Sapi potong, Makalah Daging Sapi, Makalah Peternakan Sapi,Makalah Sapi Perah, makalah Sapi Potong, Manajemen ternak Sapi lawsonforstatesenate.com: Andygo.

Populasi sapi bali saat ini mencapai sekitar 3,3 juta ekor yang tersebar di seluruh Indonesia dengan konsentrasi utama di Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Lampung dan Sumatera Selatan.

Sapi jantan dewasa bis memiliki berat badan Kg, dengan tinggi badan kurang lebih cm. Sedangkan sapi bali betina memiliki berat badan antara Kg. Pada umur tahun bisa mencapai berat badan hingga Kg. SNI Mutu karkas dan daging sapi Badan Standardisasi Nasional ICS “Hak Cipta Badan Standardisasi Nasional, Copy standar ini dibuat untuk penayangan di.

We use cookies to make interactions with our website easy and meaningful, to better understand the use of our services, and to tailor advertising.

Sni berat badan sapi bali
Rated 3/5 based on 42 review