Obesitas sentral menurut who

Dengan bertambahnya ukuran lingkaran perut dan panggul, terutama pada obesitas tipe sentral atau android, dapat menimbulkan resistensi insulin. Panjang lingkar pinggang dilakukan dengan mengukur keliling perut melalui pertengahan krista iliaka dengan tulang iga terbawah secara horisontal.

Faktor hormonal Pada perempuan yang sedang mengalami menopause dapat terjadi penurunan fungsi hormon thyroid. Menurut Green dalam Notoatmodjo pengetahuan berhubungan dengan sikap dan perilaku, dalam hal ini pengetahuan obesitas yang tinggi akan menghubungkan sikap dan perilaku sehingga ibu rumah tangga akan mengontrol obesitas dengan cara aktifitas fisik, pola makan yang benar, selain itu perilaku juga didasari oleh faktor predisposisi lainya yaitu pengetahuan, kebiasaan, norma-norma sosial yang berlaku di masyarakat serta faktor demografi.

Epinephrine Hormon ini disekresikan oleh medulla adrenal. Somatostatin 17 Hormon ini disekresikan oleh sel D pankreas, dimana hormon ini berfungsi untuk menekan pelepasan glukagon dari sel alfa pankreas dan menekan pelepasan hormon obesitas sentral menurut who Widman, F.

Jangan makan lebih. Written informed consent was obtained from each participant before any sample or data collection.

Diabetes Mellitus Ini terjadi karena resistensi insulin. Efek kedua dari peningkatan asam-asam lemak bebas adalah menghambat pengambilan glukosa oleh sel otot, dengan demikian walaupun kadar insulin meningkat namun glukosa darah tetap abnormal tinggi Arora, A.

Sistem pemroses pada hipotalamus, yaitu sistem melanokortin sentral, yang mengintegrasikan sinyal-sinyal berbeda dari sistem aferen dan menghasilkan sinyal eferen sebagai jawabannya.

Meluangkan waktu berolahraga secara teratur sehingga pengeluaran kalori akan meningkat dan jaringan lemak akan dioksidasi Dadi, H. Tipe Ovid umumnya terdapat pada orang-orang yang gemuk secara genetik. Leher relatif pendek 5.

Pihak orang tua harus paham benar akan waktu dan menu yang tepat untuk memberi makan terhadap bayinya. Kegemukan pada masa bayi perlu dihindari karena jumlah bayi yang menderita kegemukan pada umur enam bulan pertama ternyata lebih dari sepertiganya menjadi gemuk pada saat dewasa.

Hipotiroidisme yang berat disebut Miksedema. Akibat lainnya adalah terjadinya glukoneogenesis dimana kadar gula darah meningkat. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh anak perempuan lebih sering membatasi makan untuk alasan penampilan.

Gejala-Gejala Terjadinya Obesitas Penimbunan lemak yang berlebihan dibawah diafragma dan di dalam dinding dada bisa menekan paru-paru, sehingga timbul gangguan pernafasan dan sesak nafas, meskipun penderita hanya melakukan aktivitas yang ringan.

The prevalence of overweight and obesity in China has increased more rapidly than in Western countries 2and combined with rapid population aging, older adults will bear two-thirds of the total disease burden in China by Am J Clin Nutr, ; Diet rendah kalori dapat dilakukan dengan mengurangi nasi dan makanan berlemak, serta mengkonsumsi makanan yang cukup memberikan rasa kenyang tetapi tidak menggemukkan karena jumlah kalori sedikit, misalnya dengan menu yang mengandung serat tinggi seperti sayur dan buah yang tidak terlalu manis Dadi, H.

Akibat kegemukan menyebabkan kesukaran bernafas terutama pada waktu tidur malam sleep apneakeadaan yang berat dapat menimbulkan penurunan kesadaran sampai koma. Pria-pria berperut buncit memiliki kemungkinan meninggal lebih cepat karena kepadatan lemak di perut.

Selain itu ternyata anak yang tidak rutin berolah raga justru cenderung memiliki asupan energi yang lebih tinggi dibandingkan anak yang rutin berolah raga.Orang dengan obesitas akan mempunyai resiko yang tinggi terhadap Penyakit hipertensi.

Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa pada usia 20 – 39 tahun orang obesitas mempunyai resiko dua kali lebih besar terserang hipertensi dibandingkan dengan orang yang mempunyai berat Badan normal (Wirakusumah, ). b) Jantung koroner. Menurut data Susenas tahun dan di Sulawesi Selatan, angka kegemukan cukup tinggi, yaitu dari 4,7% ke 6,22% dengan menggunakan indikator BB/U median baku WHO-NCHS.

Sedangkan prevalensi obesitas pada kelompok umur tahun berdasarkan Riskesdar di Sul awesi Selatan terdapat 7,4% laki-laki dan 4,8% perempuan. Prevalensi kegemukan dan obesitas pada anak sekolah di Yogyakarta pada tahun sebesar 8,0%, meningkat menjadi 12,3% pada tahun Kegemukan dan obesitas terutama disebabkan oleh faktor lingkungan.

Faktor genetik meskipun diduga juga berperan tetapi tidak dapat menjelaskan terjadinya peningkatan prevalensi kegemukan dan obesitas. Obesitas menurut WHO adalah kondisi penumpukan lemak di jaringan adiposa secara berlebihan yang dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

1 Obesitas pada seseorang dapat diidentifaksi dengan menggunakan BMI (Body Mass Index)/IMT (Indeks Massa Tubuh).IMT dihitung dengan menggunakan rumus berat badan (dalam kilogram) dibagi kuadrat tinggi badan (dalam meter).

Obesitas sentral adalah salah satu gejala utama penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) dan sindrom resistensi insulin. Pada wanita, obesitas sentral ditandai dengan lingkar perut lebih dari 88 cm, sedangkan pada pria yaitu lebih dari cm. Atau.

Obesitas (Kegemukan)

Gambar Fenotip obesitas menurut Vague, Epidemiologi. Obesitas adalah suatu masalah kesehatan masyarakat yang sangat serius di seluruh dunia karena berperan dalam meningkatnya morbiditas dan mortalitas. Prevalensi obesitas berbeda-beda di setiap negara, mulai dari 7% di Perancis sampai 32,8% di Brazil.

Obesitas sentral menurut who
Rated 4/5 based on 34 review