Mekanisme karbohidrat

Tahap pertama adalah pembentukan glukosafosfat dari glukosa, dengan bantuan enzim glukokinase dan mendapat tambahan energi dari ATP dan fosfat. Sukrosa Sukrosa merupakan gula terbanyak yang bisa didapatkan dari tumbuhan. UDP-glukosa yang dihasilkan, dibebaskan dalam bentuk glukosa 1-fosfat reaksi 4.

Sukrosa berbeda dengan maltosa dan laktosa, ikatan yang menghubungkan kedua monosakarida adalah ikatan C Polisakarida-polisakarida penting Beberapa polisakarida penting bagi tubuh kita di antaranya adalah amilum patiglikogen dan selulosa.

Mekanisme karbohidrat pertama meliputi tahap reaksi enzim yang memerlukan ATP, yaitu tahap reaksi dari glukosa sampai dengan pembentukan fruktosa 6-fosfat. Lintasan katabolik pemecahan Lintasan ini meliputi berbagai proses oksidasi yang melepaskan energi bebas, biasanya dalam bentuk fosfat energi tinggi atau unsur ekuivalen pereduksi, seperti rantai respirasi dan fosforilasi oksidatif.

Dari diagram dapat dilihat bahwa glukosa bisa diubah menjadi galaktosa.

Hiperglisemia merangsang terjadinya gejala glukosuria, yaitu ketidakmampuan ginjal untuk menyerap kembali glukosa yang telah mengalami filtrasi melalui sel tubuh. Endapan perak ini akan menempel pada dinding tabung reaksi yang akan menjadi cermin perak. Dalam mekanisme reaksinya, biotin sebagai gugus biotinil yang terikat pada gugus lisina dari piruvat karboksilase, menarik CO mekanisme karbohidrat atau HCO 3 dalam mitokondrion kemudian mengkondensasikan dengan asam piruvat dengan bantuan ATP dan Mn -2 menghasilkan asam oksalasetat.

Perubahan asam laktat menjadi glukosa Untuk mengubah asam laktat menjadi glukosa dapat dilihat pada diagram gambar Dilihat dari keseluruhan, glikolisis terbagi menjadi dua bagian. Substrat untuk glukoneogenesis adalah: Proses kebalikannya, penguraian glikogen menjadi glukosa yang disebut glikogenolisis juga melibatkan terjadinya kedua senyawa antara tersebut tetapi dengan jalur yang berbeda seperti digambarkan pada Gambar dibawah.

D-xylulose akan diubah menjadi D-xylulose 5-fosfat, ATP bertindak sebagai donor fosfat.

Karbohidrat adalah senyawa karbon yang mengandung sejumlah besar gugus hidroksil. Keduanya merupakan gambar cermin yang tak mungkin saling tumpang tindih Gambar-gambar berikut memberikan penjelasan mengenai perbedaan susunan spasial dalam enatiomer.

Dari pengamatan ini dapat dinyatakan bahwa kedua larutan ini termasuk kedalam senyawa keton karena tidak menghasilkan endapan cermin perak. Pada diagram dapat juga kita lihat reaksi-reaksi yang diperlukan untuk mengubah gliserol dan asam-asam amino glukogenik menjadi glukosa.

Fermentasi Respirasi Anaerob Respirasi Aerob Fermentasi atau peragian adalah proses penguraian senyawa kimia glukosa tanpa oksigen melalui proses Glikolisis yang menghasilkan asam Piruvatnamun tidak berlanjut dengan siklus krebs dan transport Elektron karena suasana reaksi tanpa oksigen.

Oksaloasetat kemudian diubah menjadi fosfoenolpiruvat yang selanjutnya berjalan ke arah kebalikan jalur Embden-Meyerhof dan akhirnya akan menjadi glukosa. Jika atom C nomor 2 dari ribosa kehilangan atom O, maka akan menjadi deoksiribosa yang merupakan penyusuna kerangka DNA. Reaksi 3 adalah reaksi dua arah.

Murray dkk. Karena pengaruh berbagai faktor dan hormon insulinyang dihasilkan oleh kelenjar pankreas, maka hati dapat mengatur kadar glukosa dalam darah.

Monosakarida terdiri atas 1 unit gula 2. Untuk mencegah pengendapan ion perak sebagai oksida pada suhu tinggi, maka ditambahkan beberapa tetes larutan amonia, amonia membentuk kompleks larut air dengan ion perak.

Gambar Glikogenesis Gugus fosfat dan energi yang diperlukan dalam reaksi pembentukan glukosa 6-fosfat dsari glukosa diberikan oleh ATP yang berperan sebagai senyawa kimia berenergi tinggi.

Mekanisme Karbohidrat.ppt

Asam laktat di dalam sitoplasma diubah menjadi asam piruvat, kemudian asam piruvat masuk ke dalam mitokhondria dan diubah menjadi oksaloasetat. Insulin dihasilkan oleh kelenjar pankreas menurunkan kadar glukosa dengan menaikkan pembentukan glikogen dari glukosa.

Metabolisme karbohidrat

Enzim piruvat karboksilase mengkatalisis reaksi 1. D-glukosa perhatikan bahwa glukosa mengalami siklisasi membentuk struktur cincin 3. Pada praktikum ini menggunakan delapan jenis sampel yang diuji apakah dia termasuk ke dalam senyawa aldehid atau senyawa keton.

Kemudian dipanaskan terjadi lagi perubahan yaitu warna larutan abu-abu keruh dan terbentuknya endapan cermin perak pada dinding tabung reaksi dan endapan berwarna kehitaman, setelah larutan di dinginkan warna larutan berubah lagi menjadi mekanisme karbohidrat kehijauan dan endapannya berwarna hitam.

Mamalia, termasuk manusia harus memproses hasil penyerapan produk-produk pencernaan karbohidrat, lipid dan protein dari makanan. Piruvat karboksilase Fruktosa 1,6-bisfosfatase tidak ada dalam otot jantung dan otot polos Glukosa 6-fosfatase Dalam keadaan puasa, enzim piruvat karboksilase dan enzim fosfoenolpiruvat karboksikinase sintesisnya meningkat.Metabolisme karbohidrat adalah proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup untuk mengolah karbohidrat, baik itu reaksi pemecahan (katabolisme) maupun reaksi pembentukan.

Scribd is the world's largest social reading and publishing site. Mekanisme reaksi glikogenesis juga merupakan jalur metabolisme umum untuk biosintesis disakarida dan polisakarida.

Dalam berbagai tumbuhan seperti tanaman tebu, disakarida sukrosa dihasilkan dari glukosa dan fruktosa melalui mekanisme biosintesis tersebut. Karbohidrat tersusun atas karbon, oksigen, dan hydrogen. Secara umum, tapi tidak selalu, hydrogen dan oksigen dalam karbohidrat dengan perbandingan dua atom hydrogen dan satu atom oksigen yaitu sebagai molekul air (H 2 O), karena inilah diperoleh kata.

Karbohidrat dapat dikelompokkan menurut jumlah unit gula, ukuran dari rantai karbon, lokasi gugus karbonil (-C=O), serta stereokimia. Berdasarkan jumlah unit gula dalam rantai, karbohidrat digolongkan menjadi 4 golongan.

Karbohidrat-karbohidrat lain Beberapa karbohidrat bergabung dengan komponen lain. Sebagai contoh adalah mukopolisakarida, suatu materi tipis, kental, menyerupai jelly dan melapisi sel.

Mekanisme karbohidrat
Rated 3/5 based on 74 review