Hubungan lama pemakaian kb suntik dengan peningkatan berat badan

Hasil penelitian ini didapatkan hubungan yang signifikan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan peningkatan berat badan. Akseptor atau peserta KB lama, yaitu peserta yang masih menggunakan kontrasepsi tanpa diselingi kehamilan. Salemba medika 12 13 Related Papers.

Adapun mekanisme suntikan KB dapat di bedakan menjadi dua yaitu: Ki Ageng Selo No. Mendapatkan obyektif tertentu b. Sinopsis obstetri. Alasan responden lebih suka para ahli DMPA merangsang pusat menggunakan kontrasepsi KB pengendali nafsu makan di hipotalamus, suntik itu diantaranya karena tidak yang menyebabkan akseptor makan merasa kesulitan dalam hal biaya, lebih banyak dari biasanya Hartanto, karena kontrasepsi suntik KB 3 This type of research is an analytic correlation with cross sectional approach.

Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Efek samping berupa sebanyak Survey awal terhadap 10 akseptor, 6 orang menggunakan KB DMPA selama 3 tahun, pada tahun ke dua sampai ke ketiga terjadi kenaikan berat badan sebanyak kg dan 4 orang selama 1,5 tahun mengalami kenaikan 1,5 kg.

The side effects of a contraception method is a consideration of the acceptors to choose the right contraceptive for the women. Edisi 2. Efek samping suatu metode kontrasepsi merupakan suatu pertimbangan para akseptor untuk memilih kontrasepsi yang tepat untuknya. Jenis suntikan kombinasi adalah 25 mg depo medroksipro gestron acetat dan 5 mg estrogen sipioral yang di berikan injeksi 1.

Peningkatan berat badan yang dialami mulai dari 1 hingga 2kg setelah 1 tahun penggunaan. Rofiqi Rofiq NRP: Akseptor KB merupakan pasangan usia subur karena mempunyai kesempatan lebih banyak untuk reproduksi Hartanto, Pustaka Rihana.

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN

Square diperoleh X2 hitung Yohima Press Arikunto, Suharsimi. The main effect of using DMPA is increasing body weight kg within 2 months in the first year. Terdapat kecenderungan peningkatan berat badan pada suntikan pertama dan kedua, sedangkan setelah suntikan ketiga dan keempat mengalami peningkatan yang signifikan.

Metodologi Penelitian Kesehatan. Dilihat dari segi digunakan masyarakat, diantaranya kuantitas jumlah penduduk Indonesia kondom, pil, suntik, susuk, IUD, hingga cukup besar yaitu juta jiwa, tetapi dari bentuk vasektomi dan tubektomi Burzi, segi kualitas melalui Indeks Pembangunan Efek penambahan berat badan pada suntik DMPA disebabkan karena DMPA merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari biasanya disertai peningkatan penimbunan simpanan lemak, walaupun mungkin juga terdapat efek anabolik ringan.

Hipotesa tahun pertama penyuntikan. Mochtar, R. Tingginya laju Kependudukan dan Keluarga Berencana pertumbuhan yang tidak diiringi Nasionaldalam upaya membangun peningkatan kualitas penduduk ini terus penduduk yang berkualitas maka dilakukan upaya penanganan yaitu dengan pemerintah memberikan perhatian besar program keluarga berencana Sri terhadap pembangunan sumber daya Handayani, Dari hasil penelitian ini juga diperoleh perbedaan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan perubahan berat badan mulai dari awal suntik hinggal terakhir suntik 1 tahundidapatkan bahwa xxv tidak ada perubahan berat badan yang signifikan setelah suntik pertama kali dan kedua kali, sedangkan setelah suntikan tiga kali dan empat kali didapatkan adanya perubahan yang signifikan.

Hal ini juga para ahli DMPA merangsang pusat semakin memperkuat bahwa KB pengendali nafsu makan di hipotalamus, DMPA bukan faktor yang signifikan yang menyebabkan akseptor makan menyebabkan kenaikan berat badan.

Rumusan Masalah Berdasarkan uraian diatas maka yang dapat dijadikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Buku Ajar Pelayanan KB. The statistical test used was Chi square test.

Ki Ageng Selo No. Menghindari kelahiran yang tidak diinginkan c. Kudarti, S. Depkes RI.

HUBUNGAN PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PERUBAHAN BERAT

Saat ini tersedia banyak metode atau alat kontrasepsi meliputi IUD, suntik, pil, implant, kontap, kondom. Kejadian ini berlanjut Suntik akseptor, pil akseptor, sampai pada tahun ketiga.

Experienced weight gain ranging from 1kg to 2kg after one year of use.Didapatkan juga paritas dengan berat badan paling besar adalah paritas 3 anak sedangkan yang paling kecil adalah paritas 1 anak. Hasil penelitian ini didapatkan hubungan yang signifikan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan peningkatan berat badan.

Terdapat kecenderungan peningkatan berat badan pada suntikan pertama dan kedua, sedangkan setelah suntikan ketiga dan keempat mengalami. Lama Penggunaan hasil bahwa responden yang lama Berdasarkan hasil penelitian penggunaan KB Suntik ≤ 1 Tahun bahwa sebagian besar responden dengan peningkatan berat badan ≤ 2 Kg lama menggunakan KB Suntik sebanyak 9 orang (19,6%) dan DMPA > 1 tahun sebanyak 37 orang responden dengan peningkatan berat (80,4%) dan yang ≤ 1 tahun badan > 2 Kg tidak ada.

Untuk kontrasepsi hormonal suntik paling banyak menimbulkan peningkatan berat badan, hal ini dibuktikan dengan perolehan dari 37 atau 86% responden yang menggunakan kontrasepsi suntik mengalami peningkatan berat badan dari jumlah pemakai kontrasepsi hormonal suntik Author: Aangcoy Mengetahui hubungan pemakaian kontrasepsi dengan peningkatan berat badan di BPS Suyatun Desa Tegalyasan Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi.

2. Tujuan Khusus. a. Mengidentifikasi ibu yang memakai kontrasepsi hormonal di BPS Suyatun Desa Tegalyasan Kecamatan Sempu Author: Bejo Net Community.

Kata Kunci: Lama pemakaian KB suntik DMPA, Peningkatan berat badan Abstract: Body weight gain is one side effect of the use of DPMA injection method. HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR SUNTIK DI BPS SUHANDRIYAH KEDON SUMBERMULYO BANTUL KARYA TULIS ILMIAH Diajukan sebagai salah satu.

Hubungan lama pemakaian kb suntik dengan peningkatan berat badan
Rated 3/5 based on 22 review